Komputer Menyala Tapi Tidak Tampil

Ketika tombol Power pada CPU ditekan komputer menyala ( ditandai dengan terdengarnya suara kipas yang ada pada CPU )tetapi tidak ada gambar atau tulisan yang muncul di layar monitor, JANGAN panik dulu ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Baca Bismillah dan ambil nafas dalam-dalam
  2. Sejak anda menekan tombol Power pasang pendengaran baik-baik
  3. Jika terdengar bunyi "Tut " 2 x, kemungkinan penyakitnya ada dimonitor, pastikan kabel ke monitor terhubung dengan baik dan pastikan juga monitornya sehat.
  4. Jika terdengar bunyi " Tut " terus menerus, dipastikan ada komponen atau Card di CPU / Mainboard yang rusak atau tidak terpasang dengan baik biasanya karena debu, silahkan lepas memory card lalu bersihkan pin-pinnya kemudian pasang kembali, lakukan juga terhadap card-card yang lain seperti VGA, Processor dll, jika cara ini belum menyelesaikan masalah maka ada salah satu dari card-card tersebut yang sudah rusak atau bisa juga ada komponen seperti IC dan Elco pada mainboard yang sudah rusak sehingga perlu di ganti.
  5. Jika tidak terdengar suara apapun selain suara kipas angin ada kemungkinan yang rusak adalah Software pada BIOS atau pada sistem operasi anda.
  6. Jika terdengar bunyi " Tuuuueeet " 1 x tapi panjang dan tercium aroma tidak sedap, naah itu namanya kentut dan penyakitnya diperut anda he he he ....
  7. Jika tidak terdengar suara samasekali termasuk kipas pada CPU tidak berputar, nah itu artinya komputernya mati bukan nyala boss ... Solusinya lihat di postingan berikutnya.
  8. Baca Alhamdulillah dan lepaskan nafas perlahan-lahan
Semoga Bermanfaat, amin ....
yang copy paste dosanya 7 turunan lhoo .....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut